Peran OHIDA terhadap ODHA

Gallery

Dalam dunia HIV & AIDS kita akan menemukan beberapa istilah antara lain OHIDA & ODHA, sebutan ODHA merupakan istilah yang digunakan untuk seseorang yang terinfeksi virus HIV, istilah ini untuk menggantikan kata pengidap, penderita dan istilah lainnya. Adapun beberapa istilah lainnya untuk ODHA yang perlu diketahui, yaitu:

+ Orang dengan HIV (ODHIV)
+ People Living with HIV (PLHIV)
+ Orang Positif (Positive Person)
+ Orang Terinfeksi HIV
+ Orang Terdampak HIV

Istilah OHIDA adalah Orang yang hidup dengan ODHA, lalu apa peran OHIDA yang hidup bersama ODHA? Dalam hal ini ODHA sangat membutuhkan perhatian serta semangat dari orang-orang terdekatnya antara lain keluarganya.

Saat salah satu keluarga atau teman kita terinfeksi HIV maka peran kita yang pertama adalah jangan menjauh, Saat itu ODHA membutuhkan semangat dan dukungan untuk tetap menjalani hidup dan membesarkan harapannya. Sebagai OHIDA juga perlu mencari informasi HIV & AIDS yang benar serta menginformasikannya kepada ODHA dan jangan takut tertular karena bersentuhan. Selalu mengingatkan untuk menjaga pola hidup sehat dan olahraga secukupnya, tidak lupa selalu mengajak untuk terus berdoa, karena agama bisa menjadi hal sangat penting dalam kondisi seperti ini.

Selain itu, OHIDA juga penting untuk mengetahui terapi yang dilakukan ODHA agar Virus HIV tidak menjadi lebih serius. Beri semangat lebih jika ODHA sudah melakukan terapi ARV karena keputusan untuk menggunakan ARV membutuhkan komitment untuk menjalaninya seumur hidupnya, Jelaskan pada ODHA bahwa masa depan masih cerah dan berpihak jika kita selalu memandangnya dengan positive karena Positive Thinking itu adalah sikap yang menyehatkan.

Sebagai OHIDA juga harus memperhatikan kondisi kesehatan pribadi, selalu bersabar menemaninya, jangan bosan mendengar keluhan dan amarahnya karena dibalik itu semua mereka sangat membutuhkan kasih sayang dan ketulusan OHIDA untuk selalu disamping dan menyemangatinya.




Share this Post: Facebook Twitter

Related Posts