Langkah-langkah jika HIV Positive

Gallery

Status HIV seseorang akan diketahui ketika telah melakukan Tes HIV, karena hanya ada 2 cara untuk tahu orang itu HIV Positive, yaitu : 

  1. Melihat Hasil Tes HIV
  2. Bila Orang itu memberitahukan kepada kita. 

Sebelum melakukan Tes HIV kita dianjurkan untuk mengikuti Voluntary Couseling Testing (VCT) yaitu kegiatan konseling dua arah yang bersifat sukarela tanpa paksaan, dan konseling ini harus bersifat rahasia. Setelah melakukan konseling dan setuju untuk Tes HIV maka kita akan mengetahui status HIV kita.

Lalu bagaimana jika anda berstatus HIV Positive?

  1. Tenangkan hati dan jangan khawatir, karena berstatus HIV Positive bukan akhir dari hidup anda dan virus HIV bukan pembunuh masa depan anda. Hanya Tuhan yang berkehendak atas kematian hamba-Nya. Tetaplah semangat dan berfikir positive bahwa Tuhan selalu bersama hamba-Nya.
  2. Jika ingin bercerita, maka ceritakan pada orang yang anda percaya untuk mendengarkan keluhan dan menerima status HIV Positive anda.
  3. Cari informasi tentang HIV & AIDS, karena dengan mengetahui yang benar tentang penularan dan penanganan HIV & AIDS akan membuat anda lebih tenang dari sebelumnya yang tidak mengetahui HIV & AIDS.
  4. Cari tempat/komunitas HIV & AIDS  agar dapat saling memberi dukungan sebaya dan bertukar informasi tentang HIV & AIDS.
  5. Test CD4, Jika anda ingin mengetahui jumlah CD4 agar dapat mengetahui harus menjalankan terapi ARV atau tidak. Guna ARV disini untuk menahan laju virus HIV agak tidak cepat berkembang, adapun syarat kegunaan ARV ini berdasarkan anjuran dokter anda.
  6. Menjalankan pola hidup sehat, ada baiknya anda memperhatikan asuhan gizi bagi ODHA (orang dengan HIV), Olahraga Cukup, Istirahat Cukup dan mempunyai sikap tegas untuk menjauhkan diri dari perilaku beresiko menularkan ataupun tertular penyakit lainnya.
  7. Jangan lupa untuk selalu berdoa, semangat, dan berfikir positive.



Share this Post: Facebook Twitter

Related Posts